Lazada

Wednesday, September 27, 2017

PENGALAMAN PRIBADI MENYUSUI DI BULAN PUASA

Menjalani ibadah puasa bagi ibu menyusui tidak mudah. Ya benar. 

Pengalaman ini aku tulis saat si bungsu berusia 20 bulan. Walau sudah makan makanan rumah dia masih aktif menyusu kapan saja dia mau. Dan sampai usia 2 tahun nanti pun aku belum kepikiran untuk menyapihnya. Karena aku sangat menikmati sekali masa-masa menyusui seperti ini. 😄

Masa menyusui tak selalu berjalan dengan indah. Seperti saat bulan puasa. Bagiku menyusui sambil berpuasa merupakan tantangan terberat dalam menyusui. Bagaimana tidak disaat menahan lapar dan haus, disaat itu pula si kecil merengek minta menyusui. Mau gak mau saya harus berbagi sisa tenaga (cairan tubuh) dengannya. Walhasil saya mengalami dehidrasi pada 3 jam menjelang berbuka. 

Setelah berbuka badan pun tidak lantas serta merta bugar begitu saja. Butuh waktu untuk tubuh mencerna makanan yang baru tadi. Di saat seperti itu aku mendapati tubuhku benar-benar dalam keadaan kelelahan. Sampai rasanya gak mampu untuk melakukan sholat tarawih. 

Ini yang membuat badanku menjadi drop. Meriang, panas, menggigil dan pusing sering aku alami selama bulan puasa. Hal ini juga berdampak pada si kecil. Daya tahan tubuhnya jadi menurun. Dia jadi lebih mudah demam, batuk dan pilek. Hiks 😥

Sungguh, pengalaman menyusui penuh dengan suka dan duka. Namun dukanya akan hilang begitu melihat si kecil tumbuh menjadi kuat dan tidah mudah sakit. 

Masa-masa indah selama menyusui seperti ini yang kelak akan aku rindukan. Dan akan saya ceritakan pada si kecil nanti saat dia mulai beranjak dewasa. 

No comments:

Post a Comment